Ramalan Daun Teh "Tasseografi"

Biasanya teh dikonsumsi sebagai minuman segar, penambah gairah, atau membantu pencernaan. Banyak penelitian medis menunjukkan teh bermanfaat untuk kesehatan. Namun jarang orang mengetahui bahwa sebenarnya teh bisa dijadikan sarana untuk mengetahui peruntungan seseorang.

Fantasy Myspace Comments

Membaca daun teh atau tasseografi merupakan bentuk meramal yang populer pada abad lalu. Kemungkinan besar tasseografi berasal dari Tiongkok kuno. Konon masyarakat di sana dulu terbiasa untuk meramal dari lonceng dan cangkir teh yang tak bergagang. Bila dibalik, cangkir tersebut sangat mirip dengan lonceng kecil. Dari situlah cangkir teh dikaitkan dengan ramalan lonceng. Pola yang terbentuk oleh daun teh di dalam cangkir, kemudian dipandang mempunyai arti nujum (Misteri Masa Depan Anda, 1993).

Tasseografi pada abad ke-19 dianggap cara meramal yang paling mudah dan murah. Soalnya, yang dibutuhkan hanyalah sebuah cangkir dan beberapa lembar daun teh basah bekas menyeduh teh. Jadi tidak perlu biaya karena ampas teh itu memang untuk dibuang, bukan untuk disimpan.

Dalam buku karangan Albert Cheng, Tong Sing (2001) dikatakan, rantai kejadian yang tidak disadari atau rangkaian sebab-akibat yang menyebabkan beberapa lembar daun teh basah terkumpul di dasar cangkir, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan mata rantai kejadian yang menentukan nasib seseorang, termasuk nasib orang yang menggunakan cangkir itu. Jadi pesan mistik yang didapat dari bentuk daun teh di dasar dan sisi cangkir hanyalah hasil dari keahlian dan imajinasi si peramal. Karena itu, kata Cheng, tasseografi haruslah dianggap sebagai seni hiburan, lain tidak.

Di awal 2007 tasseografi cukup dikenal di Indonesia, ketika SCTV menayangkan program “Panorama Pagi”. Dalam acara tersebut hadir peramal tasseografi seminggu sekali secara interaktif. Namun setelah program tersebut menghilang, nama tasseografi kembali tenggelam.

Fantasy Myspace Comments
Cangkir

Yang dibutuhkan untuk tasseografi hanyalah teh yang daunnya besar, agar mudah dilihat. Juga cangkir putih polos, karena daun teh dan polanya sulit dilihat kalau cangkirnya gelap atau berwarna. Selain itu, cangkir harus mempunyai mulut yang lebar dan tepi yang landai.

Orang yang mau diramal harus minum dari cangkir teh itu dan menyisakan hanya sedikit air teh pada dasar cangkir agar daun teh dapat diputar. Secara tradisional, si penanya memegang gagang cangkir dengan tangan kiri dan memutar daun teh searah jarum jam sebanyak tiga kali. Ini untuk memastikan bahwa sisa cairan mencapai tepi mulut cangkir. Si penanya lalu membalikkan cangkir di atas tatakan dan membiarkannya selama tujuh hitungan.

Setelah ada yang tumpah, cangkir itu dibalikkan lagi dengan gagang menghadap si penanya. Yang pertama dilihat adalah banyak sedikitnya daun teh yang terdapat pada dasar. Bila daunnya banyak, berarti kehidupan akan memuaskan. Daun yang hanya sedikit berarti pribadi yang disiplin dan rapi. Begitulah antara lain cara menafsirkannya.

Sebagian peramal menganggap bahwa peristiwa di masa lalu tampak dari simbol di sebelah kiri gagang, sementara masa mendatang tampak di sebelah kanan. Sedangkan indikasi waktu diperlihatkan oleh posisi vertikal cangkir, dengan peristiwa masa kini tampak dekat tepi mulut dan yang terjadi dalam waktu agak lama tampak dekat bagian bawah.

Banyak tanda dalam tasseografi membutuhkan imajinasi dan intuisi untuk mengartikannya. Misalnya, menurut penelaahan pakar tasseografi kuno, gambar panah kecil menunjukkan “hubungan asmara yang menyenangkan”. Sebaliknya, panah besar berarti “hubungan asmara yang luar biasa”.

Bagaimana bila orang tidak suka teh? Tentu saja boleh dipakai sarana lain, misalnya kopi. Bahkan, masyarakat Romawi pernah menggunakan ampas dari minuman anggur mereka.

Ada pula yang memakai cara-cara lain untuk menghasilkan simbol-simbol yang mirip daun teh. Sekitar abad ke-19 kaleng atau tembaga dilelehkan dan diteteskan ke dalam air dingin untuk menghasilkan bentuk tertentu. Cara ini disebut molybdomancy.

Alternatif yang lebih aman dari logam adalah lilin. Pada ceromancy lilin yang dilelehkan dibiarkan menetes pada piring datar berisi air dingin. Kemudian dari bentuk-bentuk yang dihasilkan itu dibuatkan ramalan. Ceromancy sangat populer pada abad ke-18, terutama di saat surat-surat direkatkan dengan lilin.

Memang, tasseografi dan sejenisnya sering kali membingungkan karena gambar atau simbol yang meragukan. Untuk itu, dibutuhkan akal dan kreativitas. Di mancanegara ramalan tasseografi cukup populer hingga kini.

Teh sudah dikenal sebagai minuman sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Tak hanya populer di Asia, di zaman Eropa kuno dan Timur Tengah, teh sangat dihormati sebagai seni dan bagian dari status sosial suatu kelas masyarakat tertentu. Tetapi tahukah Anda bahwa teh tidak hanya untuk diminum?

Teh juga bisa untuk tambahan bahan kosmetika. Tetapi ada satu hal lain yang menarik dari teh. Teh juga digunakan sebagai media untuk meramal.

Menurut THE ENCYCLOPEDIA OF OCCULTISM & PARAPSYCHOLOGY, teh bisa digunakan untuk membaca ramalan seseorang. Caranya bermacam-macam. Salah satunya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam cangkir, kemudian menaburkan daun teh kering di atasnya. Daun teh tersebut kemudian akan membentuk sebuah motif, entah itu bentuk hati, cincin, bunga atau motif lain. Kemudian dari motif dianalisisi apa artinya.

Berbagai ramalan yang bisa dibaca antara lain:

Ramalan 1
Letakkan sebuah saringan teh kecil di atas cangkir, taburi dengan daun teh kemudian tuangkan air panas ke dalam cangkir tersebut. Jika daun teh langsung lembek dan larut pada air tersebut maka sebuah kabar baik akan Anda dengar.

Ramalan 2
Saat Anda mengaduk teh, terkadang muncul gelembung di dalam teh, dan terkadang tidak. Jika gelembung itu muncul, maka si pembuat teh akan bertemu keberuntungan atau akan mendapatkan rezeki dalam waktu dekat.

Ramalan 3
Jika ada tangkai atau daun teh menyusup dari saringan teh, kemudian mengambang di dalam cangkir Anda, maka akan ada tamu dari jauh yang mengunjungi Anda.

Ramalan 4
Jumlah tangkai atau daun teh yang mengambang di dalam cangkir Anda menandakan berapa banyak tamu jauh yang akan mengunjungi Anda.

Ramalan 5
Jika tak sengaja dua sendok Anda letakkan di atas alas cangkir, dan Anda sedang mengandung, maka Anda akan memiliki anak kembar.

Ramalan 6
Jika Anda meletakkan sendok terbalik atau dalam posisi tertelungkup, maka Anda akan menerima berita buruk. Begitupun juga sebaliknya, jika dalam posisi terlentang maka kabar baik akan segera datang pada Anda.

Ramalan 7
Jika teh yang Anda seduh sangat kental dan merah, maka persahabatan atau cerita cinta Anda akan berhasil. Jika encer dan bening, maka persahabatan atau cinta Anda akan segera berakhir.

Bagaimanapun juga seni meramal teh ini hanyalah sebuah seni dan peninggalan budaya saja. Kebenaran ramalan di balik seni tersebut tak ada yang bisa menjamin, tetapi tak ada salahnya kan jika Anda mencoba seni kuno ini.