Saatnya Bicara Seks Kepada Anak Remaja

Kisses Myspace CommentsMengabaikan DISKUSI tentang seks akan menjadikan isu ini hilang. Terbuka, jujur, dan bertanggung jawab saat Anda berdiskusi seks dengan anak Remaja Anda. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk membicarakan seks dengan anak remaja Anda atau anak para-remaja.
Kisses Myspace Comments
Pahami peran Anda
Anda adalah orang tua. Apa yang Anda katakan tentang seks akan berpengaruh pada persepsi dan pemahaman mereka mengenai topik ini. Jangan menilai terlalu rendah tentang peran Anda.

Waktu adalah segalanya.
Pilih waktu untuk diskusi secara bijak. Jangan hindari pertanyaan atau obrolan yang datang secara alamiah. Kadang, para remaja menjadikan kita tahu seberapa banyak informasi yang mereka butuhkan. Perbincangan tentang seks tidak hanya pada satu waktu.

Nyata
Berdiskusi tentang seks dengan anak remaja, lebih mudah dan nyaman dilakukan antara ayah dan anak laki-laki, atau ibu dengan anak gadis remaja. Tapi, jika Anda orang tua tunggal, ini menjadi tanggung jawab Anda.

Bicara lugas dan langsung
Diskusi tentang seks dengan anak remaja, bicaralah gamblang dan langsung. Jangan gunakan bahasa prokem atau metafora. Termasuk kalau ingin menyebut “penis” atau “vagina”. Penggunaan eufimisme hanya akan membuat diskusi sulit dan memboroskan waktu.

Dengarkan
Dengarkan apa yang mereka katakan sebagai bentuk memberikan perhatian atas umpan balik dari mereka.

Jangan berkhotbah
Mesti dipahami bahwa jika pendekatan diskusi sebagai ceramah atau kuliah, mereka tidak akan mendengar kata-katamu. Harus berupa percakapan.

Kendalikan emosi
Terbukalah. Responsif, dan belajar mengendalikan reaksi yang emosional. Berkenaan dengan apa yang dibagi anak dengan Anda selama diskusi tentang seks, Anda punya kesempatan menempatkannya dalam konteks moral dan spiritual.

Tulus
Jangan takut mengartikulasikan dan mempertahankan perspektif moral dan spiritual mengenai seks. Jangan pula mengikuti kultur modern untuk mendikte percakapan.
Percakapan mengenai seks dengan anak, Anda mesti terbuka dan tulus di antara kalian. Sikap hipokrit, pada satu waktu diskusi, akan bernilai sedikit bagi anak.

Jika bukan Anda, orang lain akan melakukannya
Jangan khawatir, jika anak remaja Anda tidak dapat diskusi seks dengan Anda, mereka akan menemukan orang lain untuk berdiskusi.